Skripsi ini membahas tentang pengaruh media sandpaper letter terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun, di latar belakangi oleh adanya permasalahan di PAUD Amrina Sungai Pinang. Dimana anak kurang dalam kemampuan mengenal huruf. Tujuannya untuk mengetahui apakah media sandpaper letter berpengaruh terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Amrina Sungai Pinang. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi kuantitatif Pre-Eksperimental dengan desain One Grup Pretest-Posttest (satu kelompok subjek). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 anak, penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil analisis data di dalam pembuktian menggunakan Software SPSS 22 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai t-tabel dan t-hitung sig (2-tailed) = 0,000 karena nilai signifikan (probabilitas) lebih kecil dari 0,025 maka H0 ditolak dan Ha diterima. sehingga hasil tersebut diputuskan untuk menolak Ho dan menerima Ha. Artinya terdapat pengaruh media sandpaper letter terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun di PAUD Amrina Sungai Pinang.
Copyrights © 2023