Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media promosi komik elektronik yang ditujukan untuk mencegah perundungan di kalangan anak usia dini. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE. Data yang dianalisis dalam penelitian ini mencakup data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui distribusi kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media komik elektronik melalui uji kelayakan dengan berbagai tahap, termasuk uji ahli isi pembelajaran, uji ahli desain pembelajaran, uji ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Hasil dari semua tahap uji kelayakan menunjukkan persentase yang baik, dengan angka mencapai 96,6%, 82,5%, 90%, 95%, dan 95%. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, produk media komik elektronik berbasis video dianggap layak untuk digunakan.
Copyrights © 2023