Journal of Contemporary Islamic Education
Vol. 3 No. 2 (2023): Journal of Contemporary Islamic Education

Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Sirah Khadijah Karangan Abdul Mun’im Muhammad

Kurnia Dwi Putri (Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Kotabumi Lampung)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Ada banyak cara dalam menyampaikan pendidikan akhlak, salah satunya adalah dengan mengkaji sejarah dan biografi orang-orang yang dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mencari nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam sirah khadijah karangan Abdul Mun’im Muhammad dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam sirah khadijah terhadap pendidikan saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka. Jenis pendekatannya adalah deduktif dan metode analisisnya adalah analisis isi. Berdasarkan penelitian/telaah pustaka yang telah dilakukan, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Sirah Khadijah dapat disimpulkan terdiri dari akhlak terhadap Allah (meliputi: mentauhidkan Allah, takwa kepada Allah, dzikrullah, tawakal, dan syukur), akhlak terhadap diri sendiri (meliputi: sabar, amanah, memelihara kesucian diri, benar, menepati janji, dan teguh), akhlak terhadap sesama (meliputi: berbuat baik pada sesama dan suka menolong orang lain/dermawan). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Sirah Khadijah sangat relevan dengan pendidikan saat ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Allah serta berakhlak mulia sehingga nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Sirah Khadijah dapat menjadi acuan atau pedoman dalam dunia pendidikan saat ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cie

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

This journal publishes academic manuscripts of Islamic Education Studies in both Indonesian and international contexts with a multidisciplinary perspective that involves character education, Islamic education policy, Islamic educational philosophy, Islamic education management, Islamic education ...