Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi
Vol. 1 No. 4 (2023): (EPJA) Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi (Oktober 2023)

Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Agung Agung (Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)
Delvianti Delvianti (Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)
Andre Bustari (Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA, Pertumbuhan Penjualan, dan Beban Pajak Tangguhan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas dan Beban Pajak Tangguhan tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Sedangkan secara simultan Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Beban Pajak Tangguhan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EPJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi (EPJA) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Akuntansi meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak ...