"JAMASTIKA" Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Jamastika Vol.2 No.2 Oktober 2023

AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TUMBUHAN DI WISATA COBAN BINANGUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE MARKER

Adham (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Achmad Danu Zakaria (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Ade Eviyanti (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang memiliki tanah subur, curah hujan yang tinggi, serta intensitas cahaya yang baik sehingga banyak tumbuhan yang hidup subur. Salah satunya di wisata coban binangun, selain faktor diatas wisata coban binangun berada di daerah pegunungan yang minim polusi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi pembelajaran Augmented Reality tumbuhan yang diharapkan bisa digunakan untuk membantu mengenalkan jenis-jenis tumbuhan. Aplikasi ini dibuat menggunakan Unity dan Vuforia yang dijalankan berbasis android. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode Single Marker dimana satu penanda hanya bisa digunakan satu obyek 3 dimensi. Dengan adanya aplikasi ini dapat memperkenalkan berbagai jenis tumbuhan yang ada di wisata coban binangun. Kata kunci: Augmented Reality, Coban Binangun, Single Marker, Android, Tumbuhan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jamastika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober berisi tulisan ilmiah tentang mahasiswa teknik informatika, tulisan yang dimuat berupa hasil penelitian dari mahasiswa Teknik ...