Jurnal Agrotek Lestari
Vol 9, No 2 (2023): Oktober

Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica rapa L.) Terhadap Pemberian POC Limbah Sayur dan Jamur Trichoderma sp.

Muhammad Santosa (Universitas Teuku Umar)
Muhammad Afrillah (Unknown)
Dewi Junita (Unknown)
Amda Resdiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian respon pertumbuhan dan hasil tanaman sawi (Brassica rapa L.) terhadap aplikasi pupuk organik cair dari limbah sayuran dan jamur Trichoderma sp. dilaksanakan di Desa Padang Kecamatan Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya mulai bulan Oktober sampai November 2022. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari 2 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pupuk organik cair untuk limbah sayuran = P0 (kontrol/tanpa perlakuan), P1 (30 ml POC.1-1 air), P2 (40 ml POC.1-1 air), dan P3 (50 ml POC.1-1 air). 1-1 udara). 1 -1 udara). Perlakuan Trichoderma sp = T0 (kontrol/tanpa perlakuan), dan T1 (Trichoderma sp. 50gr/petak), sehingga diperoleh 24 satuan percobaan. Hasil penelitian ini berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun,dan panjang daun dengan mengolah limbah sayuran menjadi pupuk organik cair. Sedangkan aplikasi Trichoderma sp. berpengaruh nyata terhadap jumlah daun dan panjang daun. Terdapat interaksi antara keduanya yaitu pada tinggi tanaman dan panjang daun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jagrotek

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Agrotek Lestari (JAL) merupakan media publikasi ilmiah yang membahas isu aktual di bidang agroteknologi mengenai permasalahan yang berkaitan dengan Ilmu Agronomi dan Produksi Tanaman, Ilmu Tanah, dan Proteksi Tanaman. Jurnal Agrotek Lestari terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...