NAJAHA IQTISHOD : Journal of Islamic Economic and Finance
Vol. 4 No. 1 (2023): 2023

Analisis Pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) bagi Nasabah Berpenghasilan Rendah (Studi Kasus Bank 9 Jambi Syariah)

Musdalifah, Musdalifah (Unknown)
Isnaeni, Nurida (Unknown)
Lubis, Paulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas penyaluran pembiayaan kepemilikan rumah (KPR) Sejahtera iB bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Adapun metode analisi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Impelentasi pembiayaan KPR Sejahtera terhadap masyarakat berpenghasilan redah sudah cukup efektif dan mekanisme penyaluran KPR Sejahtera dibagi menjadi 10 tahapan dari pengajuan sampai dengan pembukaan blokir rekening developer. Kedua, Tingkat efektivitas penyaluran pembiayaan KPR Sejahtera bersubsidi di bank 9 jambi syariah dalam 5 tahun terakhir ini sudah dikatan efektif dengan tingkat presentasi sebesar 99,3% rumah subsidi yang telah disalurkan kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Hal ini dikatakan efektif karena hampir mencapai target program yaitu menyalurkan 783unit rumah subsidi Dalam 5 tahun terakhir dengan presentasi tidak disalurkan sebesar 0,7% dari 788 uni rumah yang ditargetkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIEF

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Focus and Scope 1. Manajemen dan Bisnis Islam 2. Keuangan Islam 3. Akuntansi Syariah 4. Lembaga Keuangan Islam 5. Pasar Halal 6. Perilaku Ekonomi 7. Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Islam 8. Atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi ...