Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2023): April

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL MELALUI PROFITABILITAS

Lidia Indriane Waang (Universitas Tadulako)
Muliati (Universitas Tadulako)
Jurana (Universitas Tadulako)
Chalarce Totanan (Universitas Tadulako)
Ni Made Suwitri Parwati (Universitas Tadulako)
Ilham Pakkawaru (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan/CSR dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan LQ45 sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 14 perusahaan dalam 5 tahun pengamatan (2016-2020) sehingga total data observasi adalah 70. Teknik analisis data yang digunakan adalah WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel ukuran perusahaan berpengaruh terhadap tanggung jawab sosial perusahaan, sedangkan variabel ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Profitabilitas ditemukan tidak memediasi hubungan antara ukuran perusahaan dan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan/ CSR.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeki

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia is an open access journal published by PT. Tangrasula Tekno Kreatif. this journal is published four times a year (January, April, August and November). Jurnal Ekonomi Kreatif Indonesia publishes articles in the field of creative economy, but not limited to other ...