Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 11 No 1 (2023)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

Moch. Fatkhulloh (Universitas Sunan Giri Surabaya)
Mardiyah Mardiyah (Universitas Sunan Giri Surabaya)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2023

Abstract

Pembelajaran interaktif adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru saat mengajar. Guru memainkan peran penting dalam menciptakan suasana pendidikan yang interaktif, di mana siswa dapat berkomunikasi satu sama lain, dengan guru, dan dengan sumber belajar mereka. Pembelajaran interaktif dirancang sedemikian rupa sehingga fokus pembelajaran terpusat pada siswa sehingga mereka dapat belajar dengan lebih baik dan lebih memahami apa yang mereka pelajari. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik triangulasi untuk menguji validitas data. Hasil penelitian penulis adalah jawaban atas rumusan masalah Pertama: Implementasi Pembelajaran PAI interaktif memerlukan kegiatan Pendahuluan, Pelaksanaan, dan Penutup. Kedua, pemahaman yang lebih baik tentang translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi diperoleh melalui model pembelajaran interaktif PAI. Ketiga, peneliti menemukan bahwa faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penggunaan pembelajaran interaktif PAI untuk meningkatkan pemahaman siswa di SDN Kertajaya Surabaya adalah sebagai berikut: a. Faktor-faktor yang mendukung termasuk pimpinan sekolah, guru, siswa, dan tokoh masyarakat; b. Faktor-faktor yang menghambat termasuk diri sendiri, lingkungan, dan perbedaan latar belakang siswa.

Copyrights © 2023