JSN : Jurnal Sains Natural
Vol 1 No 3 (2023): Agustus

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika

Dian Aryani (Universitas Hamzanwadi)
Surya Mayadi (SMA Negri 1 Selong)
Neny Endriana (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, lembar tes berupa Lembar Latihan Peserta Didik. Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan. Hasil ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 80,5% menjadi 91,6% pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsn

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Mathematics Nursing Physics Public Health

Description

Jurnal Sains Natural : merupakan Jurnal Ilmiah bidang sains dan eksakta yang dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan (PUSLIBLTBANG) SEKAWAN Institue, Mataram, Nusa Tenggara Barat Jurnal ini dikelola oleh para dosen dan praktisi yang berasal dari berbagai background perguruan tinggi di ...