Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 4, No 3 (2023)

Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd

Neni Setiyawati (TanjungPura University)
Milianti Milianti (Universitas Tanjungpura)
Uray Rina Septiani (Universitas Tanjungpura)
Titin Titin (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan tinjauan pustaka yang mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan Understanding by Design (UbD). Penelitian ini menggunakan berbagai sumber dokumenter seperti artikel, jurnal, dan dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Studi literatur ini fokus pada perancangan pembelajaran understanding by design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran UbD dapat dilaksanakan dengan mengidentifikasi hasil yang diinginkan, mengidentifikasi bukti untuk penilaian, dan merencanakan pembelajaran. Pengimplementasian UbD di Indonesia dilakukan dengan menerapkan proses pembelajaran di kelas dan dinyatakan efektif untuk dilakukan, ini dapat dilihat dari referensi yang peneliti gunakan. Hasil pembelajaran UbD dapat dilihat dari kemampuan menjelaskan, kemampuan interpretasi atau menafsirkan, kemampuan aplikasi atau menerapkan, kemampuan memiliki perspektif, kemampuan berempati, dan kemampuan memiliki pengetahuan diri sendiri. dalam kerangka UbD guru berperan sebagai perancang pembelajaran, dimana guru harus menganalisis kompetensi dasar dan menentukan indicator ketercapaiannya dengan memperhatikan karakteristik rumusan kompetensi dasar.Kata Kunci: UbD, pembelajaran UbD, implementasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...