Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 4, No 3 (2023)

Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Model Discovery Learning Berbantuan Video pada Materi Sistem Reproduksi Manusia

Sri Wahyuni (Universitas Tanjungpura)
Titin Titin (Universitas Tanjungpura)
Zulfikar Zulfikar (SMP Negeri 8 Kota Pontianak)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan secara kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik di kelas IX B SMP Negeri 8 Pontianak dengan menggunakan model Discovery Learning berbantuan video pada materi sistem reproduksi manusia. Pengumpulan data dilakukan disetiap akhir siklus pembelajaran dengan memberikan evaluasi dan angket motivasi. Dari hasil analisis data, terdapat peningkatan pada rata-rata hasil belajar meningkat 16,78%, rata-rata ketuntasan 32,26%, dan rata-rata motivasi belajar meningkat 7,95% dari siklus I dan siklus II. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa model Discovery Learning dengan bantuan video dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil dan minat belajar peserta didik terhadap materi sistem reproduksi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...