Jurnal Arastirma
Vol 3, No 2 (2023): JURNAL ARASTIRMA

Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Aset terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Pada Perusahaan Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI Tahun 2016 – 2021)

Mutawali Mutawali (Universitas Pamulang)
Irna Lestari (Universitas Pamulang)
Selvy Dwi Widiyanti (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti secara empiris mengenai Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Aset Terhadap Struktur Modal. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2016 – 2021.Metode. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan 7 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian dengan pengamatan selama 6 tahun, sehingga total sampel penelitian sebanyak 42 perusahaan. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan E-views versi 9 untuk analisis datanya.Hasil. Berdasarkan hasil uji t (parsial) profitabilitas memiliki nilai Prob. Sebesar 0.0034 < 0.05 maka kesimpulannya yaitu bahwa variabel profitabilitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Struktur aset memiliki nilai Prob. Sebesar 0.0001 < 0.05 maka kesimpulannya yaitu bahwa variabel struktur aset secara parsial berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Berdasarkan hasil uji f (secara simultan) Prob (F-statistic) sebesar 0.000000 < 0.05 maka kesimpulannya bahwa variabel profitabilitas dan struktur aset secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap struktur modal. Nilai Adjusted R-squared (R2) adalah 0.925980 atau sebesar 92.59% yang berarti bahwa kemampuan variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Profitabilitas dan Struktur Aset dalam menjelaskan variabel dependen (Struktur Modal) sebesar 92.59%.Implikasi. Bagi perusahaan, diharapkan dapat memperhatikan penggunaan dana perusahaan untuk digunakan secara optimal baik dana internal maupun eksternal, agar penggunaan dana eksternalnya tidak terlalu besar dalam melakukan kegiatan perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jaras

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ARASTIRMA adalah jurnal ilmiah yang meliputi kajian di bidang Sumber Daya Manusia, Pemasaran dan Keuangan yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Banten. JURNAL ARASTIRMA secara teratur diterbitkan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu pada ...