Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 5 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Berdasarkan Analisis Kesenjangan Kompetensi Marketing Executive Di PT Pegadaian Kantor Wilayah X

Teni Listiani (Politeknik STIA LAN Bandung)
Dwi Annisa Salsadila (Politeknik STIA LAN Bandung)
Hafid Aditya Pradesa (Politeknik STIA LAN Bandung)
Lidia Maasir (Politeknik STIA LAN Bandung)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2023

Abstract

PT Pegadaian Kantor Wilayah X turut serta dalam proses peningkatan kompetensi dengan memberikan kesempatan bagi karyawannya untuk menentukan program pelatihan yang diinginkan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab jabatan. Namun masih ditemukan karyawan yang belum memanfaatkan kesempatan tersebut sesuai dengan kompetensi ataupun bidang pekerjaannya. Berdasarkan fenomena tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesenjangan kompetensi Marketing Executive serta memberikan informasi dalam upaya merancang Analisis Kebutuhan Pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei. Sebanyak 34 Marketing Executive yang berasal dari Area Bandung I, Bandung II, dan Cirebon yang berpartisipasi pada penelitian ini didasarkan pada sampel jenuh atau sensus yang digunakan pada penelitian. Hasil penelitian mengungkap gambaran kompetensi yang dimiliki oleh para Marketing Executive serta memunculkan temuan berupa kesenjangan kompetensi pada Elemen Kompetensi yang ada dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Nomor 389 Tahun 2013 tentang Area Kerja Pemasaran terutama yang diketahui pada Elemen Kompetensi tentang (1) Mampu memfasilitasi komitmen pembelian (closing), (2) Mampu melaksanakan pengelolaan waktu, dan (3) Mampu menentukan tujuan dan metode riset. Berdasarkan kesenjangan tersebut dapat diketahui bahwa Marketing Executive di PT Pegadaian Kantor Wilayah X memiliki kebutuhan terhadap pelatihan yang berkaitan dengan keterampilan penjualan, manajemen waktu, dan juga pelatihan tentang riset merek. Sedangkan daftar Marketing Executive yang perlu mengikuti pelatihan terdiri dari 6 Marketing Executive yang berasal dari Area Bandung 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...