Kedisiplinan belajar merujuk pada sejauh mana mahasiswa mematuhi aturan dan tata tertib lembaga demi mencapai kondisi yang lebih baik. Problematika kurangnya pemahaman akan pentingnya disiplin di kalangan mahasiswa menyebabkan banyak konsekuensi negatif, salah satunya adalah seringnya keterlambatan mahasiswa saat menghadiri proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketidak disiplinan mahasiswa Pendidikan guru sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ketidakdisiplinan yang dilakukan oleh kelima mahasiswa berbeda-beda satu sama lainnya. Mahasiswa AF dan WN tidak disiplin dalam berpakaian. Mahasiswa SV tidak disiplin terkait rambut yang panjang serta pada mahasiswa ST dan SR yang sering mengalami keterlambatan dalam mengikuti perkuliahan.
Copyrights © 2022