Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol 10 No 3 (2023)

ANALISIS PEMBELAJARAN KHAS KOTAK PERTANYAAN: STUDI PADA SD EKSPERIMENTAL MANGUNAN YOGYAKARTA

Maria Eni Wahyuni (Universitas Sanata Dharma)
Andreas Erwin Prasetya (Universitas Sanata Dharma)
Sri Murtini (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran khas kotak pertanyaan di SD Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SD Eksperimental Mangunan Yogyakarta pada Maret sampai Mei 2023. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yakni fasilitator kelas, orang tua dan peserta didik kelas satu SD Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Sedangkan objek dalam penelitian ini yakni analisis pembelajaran khas kotak pertanyaan di SD Eksperimental Mangunan Yogyakarta. Keabsahan data diperiksa menggunakan triangulasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis secara kualitatif Miles & Huberman yakni mengumpulkan suatu data, reduksi suatu data, menyajikan suatu data dan menarik kesimpulan. Hasil atau kesimpulannya yakni pembelajaran khas kotak pertanyaan di SD Eksperimental Mangunan Yogyakarta telah menumbuhkan 2 sikap yakni: 1) Mengembangkan daya eksplorasi dan 2)Kemerdekaan. Tujuan dari pembelajaran khas kotak pertanyaan yakni untuk mengembangkan daya eksploratif, yang terwujud dalam perilaku aktif atau memiliki inisiatif untuk bertanya, tertarik pada hal-hal yang baru, dan berani mengambil resiko untuk memperoleh pemahaman baru. Kemampuan seseorang untuk memperoleh pemahaman melalui pembelajaran khas kotak pertanyaan, sangat bermanfaat untuk pemekaran dirinya dan bagi sesama. Selain itu, melalui pembelajaran khas kotak pertanyaan, peserta didik mengalami kemerdekaan yang terwujud dalam kemerdekaan untuk mengungkapkan pendapatnya sehingga menghantar mereka menjadi manusia utuh yang sangat berguna dalam kehidupan nyata.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...