Jurnal Ilmiah KOMPUTASI
Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023

Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Taman Kanak-Kanak dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA)

Chintya Mawadhah Sumitro (Universitas Halu Oleo)
Natalis Ransi (Universitas Halu Oleo)
Rizal Adi Saputra (Universitas Halu Oleo)
Dewi Sari Sumitro (Universitas Esa Unggul)
Ananda Putriani (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Kesulitan bagi orang tua dalam menentukan taman kanak-kanak terbaik untuk anaknya sesuai dengan preferensi yang diinginkan menjadi latar belakang utama dalam penelitian ini. Oleh karena itu, peneliti membangun sistem pengambilan keputusan pemilihan taman kanak-kanak di Kota Kendari berbasis android dengan menggunakan 50 data alternatif taman kanak-kanak di Kota Kendari dan 11 kriteria preferensi yang menjadi variabel pertimbangan pada pengambilan keputusan. Metode yang digunakan dalam membangun sistem pengambilan keputusan pemilihan taman kanak-kanak berbasis android adalah Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) dan dalam menentukan bobot nilai variabelnya digunakan metode Rank Order Centroid (ROC). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu metode ROC dapat digunakan dalam memberikan nilai bobot pada setiap kriteria dan juga pada setiap subkriterianya. Kemudian, hasil akurasi yang didapatkan dengan penggunaan metode MOORA dalam sistem pendukung keputusan dalam merekomendasikan pemilihan taman kanak-kanak terbaik adalah 92%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

komputasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Ilmiah Komputasi ISSN : 1412-9434 adalah jurnal ilmiah di bidang Komputer dan Komunikasi yang memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai penelitian-penelitian di bidang: perangkat keras, perangkat lunak, komputasi, jaringan komputer dan komunikasi data. Jurnal terbit empat kali dalam setahun ...