Gema Lingkungan Kesehatan
Vol. 21 No. 2 (2023): Gema Lingkungan Kesehatan

Analisis Kualiatas Mikrobiologi Air Sumur Sekitar Kandang Ternak Ayam (Studi di Desa Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2022)

Alvy Shafina Sundusin (Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Khambali (Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Winarko (Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Iva Rustanti (Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Narwati (Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Ferry Kriswandana (Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Surabaya)
Angga Nurdianto (RSUD Bhakti Dharma Husada)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Kandang ternak ayam yang berdekatan dengan sumur menimbulkan risiko terjadinya pencemaran air. Pencemaran air sumur dapat terjadi akibat kondisi fisik sumur yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Total Coliform dan Escherichia coli dalam air sumur sekitar kandang ternak ayam di Desa Bleber Kecamatan Kras Kabupaten Kediri Tahun 2022. Jenis penelitian adalah observasional dengan pendekatan cross sectional dan dianalisis secara deskriptif. Seluruhssumur dengan jarak ≤ 11 meter dari kandang ternak ayam sejumlah 5 sumur dan sumur kontrol dengan jarak yaitu > 11 meter - ≤ 15 meter. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Variabel yang diteliti kualitas air sumur, kondisi fisik sumur, jarak sumur dan arah aliran air tanah dari kandang ternak ayam. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi langsung, pengambilan sampel, dan pemeriksaan laboratorium.  Hasil penelitian menunjukkan jarak kandang ternak ayam dengan sumur tidak memenuhi syarat, kondisi fisik sumur tidak memenuhi syarat, arah aliran air tanah mengalir dari selatan ke utara dan timur ke barat. Kandungan Total Coliform dan Escherichia coli di air sumur tidak memenuhi syarat. Jarak sumur, kondisi fisik sumur, arah aliran air tanah dapat menimbulkan terjadinya pencemaran air tanah. Air sumur Desa Bleber mengandung Total Coliform dan Esherichia coli. Jarak kandang ternak ayam, kondisi fisik sumur dan arah aliran air tanah dapat menimbulkan risiko terhadap penurunan kualitas mikrobiologi air sumur di Desa Bleber. Masyarakat perlu memerhatikan jarak sumur, kondisi fisik sumur, dan arah aliran air tanah dalam pembangunan sumur maupun kandang ternak ayam untuk menghindari pencemaran air.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gelinkes

Publisher

Subject

Environmental Science Health Professions Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal GEMA Lingkungan Kesehatan [e-ISSN: 2407-8948 | DOI: 10.36568] is a journal aims to be a leading peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on environmental health or public health as well as ...