Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 4 No. 1 (2023)

Pembelajaran Berbasis Neurosains Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Ajeng Octatya Dwiyani Ajeng (Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Jambi)
Anita Sarniya (Unknown)
Ofrima Eka Saputri (Unknown)
Masyunita Siregar (Unknown)
Uswatul Hasni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

ABSTRAK Pendidikan anak usia dini ialah sarana untuk menggali serta mengembangkan berbagai potensi anak agar dapat berkembang secara optimal. Pembelajaran berbasis Neurosains wajib memperhatikan keseimbangan otak kanan dan otak kiri. Otak kanan serta otak kiri masing-masing memiliki peran penting, sehingga keduanya wajib diberi stimulus secara seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran berbasis neurosains dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian menggunakan studi literatur (literature review), dilakukan dengan membaca, menganalisis dan menarik kesimpulan. Hasil dari kajian literatur itu bahwa pembelajaran berbasis neurosains dalam pendidikan anak usia dini sangat penting dan pelaksanaan pembelajaran berbasis neurosains dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Pembelajaran Berbasis Neurosains. ABSTRACT Early childhood education is a means to explore and develop various potentials of children so that they can develop optimally. Neuroscience-based learning must pay attention to the balance of the right brain and left brain. The right brain and the left brain each have an important role, so both must be given a balanced stimulus. This study aims to determine neuroscience-based learning in early childhood education. The research method uses literature review (literature review), carried out by reading, analyzing and drawing conclusions. The result of the literature review is that neuroscience-based learning in early childhood education is very important and the implementation of neuroscience-based learning can be done in various ways. Keywords: Early Childhood Education, Neuroscience-Based Learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

abulava

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini mengundang para dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan anak untuk ...