Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 3 (2023): June

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Amrina Izzatika (Universitas Lampung, Indonesia)
Erni Erni (Universitas Lampung, Indonesia)
Jody Setya Hermawan (Universitas Lampung, Indonesia)
Ika Wulandari Utamining Tias (Universitas Lampung, Indonesia)
Ardhi Yudisthira (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik di SDN 6 Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri meningkatkan hasil belajar. Metode yang  digunakan   dalam   penelitian   ini   adalah   metode   quasi   experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design, sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan Sampel penelitian adalah peserta didik kelas V-A sebanyak 30 peserta didik dan V-B sebanyak 30 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis regresi diperoleh  yaitu 0,841 > 0,361. Besar nilai koefisien determinasi sebesar 70,80% sedangkan sisanya 29,20% dipengaruhi faktor atau variabel lain. Model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar  pada peserta didik kelas V SDN 6 Metro Barat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...