Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 5 (2023): October

Analisis Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar

Nunung Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sulfasyah Sulfasyah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sitti Aida Azis (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran keterampilan menulis narasi, dan produk yang dihasilkan siswa pada pembelajaran keterampilan menulis narasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Sabbala Kabupaten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas V dan 30 siswa kelas V. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen pokok dan penunjang, instrumen pokok yaitu peneliti sendiri dan instrumen penunjang berupa lembar observasi, panduan wawancara, kamera, telpon genggam, pensil, pulpen, dan buku.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi yaitu guru mengajar dengan menggunakan metode cooperative learning atau belajar berkelompok dan siswa cukup aktif dalam merespon pembelajaran. (2) Faktor pendukung pada pembelajaran pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi yaitu metode pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi yaitu media pembelajaran. (3) Produk yang dihasilkan siswa pada pembelajaran keterampilan menulis narasi yaitu dalam bentuk tulisan narasi sugestif dengan tulisan setiap siswa berbeda-beda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi telah berjalan dengan baik dan siswa sudah mampu menuangkan pikiran mereka ke dalam bentuk tulisan narasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...