Penelitian dilakukan karena dilatarbelakangi ketika penulis menemukan peserta didik hanya aktif di 15 menit pertama saja dan selebihnya terlihat peserta didik merasa bosan, maka dari itu penelitian ini dilakukan  untuk menganalisis peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn melalui penerapan Model pembelajaran Teaching at The Right Level pada metode pemberian tugas kelompok di kelas IX 4 SMP Negeri 57 Palembang di Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan dan 1 kali penilaian yang terdiri 4 tahapan yaitu: perencanan, tindakan,refleksi, dan evaluasi yang dilakukan Awal Maret sampai akhir Mei 2023. Data diolah pada setiap siklus kemudian dilakukan analisis persentase. Dimana motivasi belajar pada siklus 1 berpredikat baik 55,18% dan di siklus 2 meningkat menjadi 93% dalam kategori baik sedangkan untuk hasil belajar di kegiatan siklus 1  ketuntasan peserta didik mencapai 45% dengan rata rata 63 terjadi peningkatan di siklus 2 menjadi 86,91% dengan rata-rata ketuntasan 72,75. Maka penelitian ini disimpulkan berhasil.
Copyrights © 2023