Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 4 (2023)

Strategi Pelaksanaan Pembelajaran ABK di Sekolah Inklusif Selama Masa Pandemi Covid-19

Kriswanto, Didi (Unknown)
Suyatno, Suyatno (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

Sekolah inklusif memberikan dampak yang baik bagi ABK, namun kompleksitas pembelajaran ABK di kelas kurang diperhatikan khususnya selama masa pandemi Covid-19. Pembelajaran ABK di sekolah inklusif perlu mendapatkan perhatian khusus, karena banyak sekolah inklusif yang tidak mengakomodasi kebutuhan ABK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi pelaksanaan pembelajaran ABK di Sekolah Inklusif selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang bersumber dari database online yang dapat diakses secara gratis melalui DOAJ, google scholar, dan open knowledge maps. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pelaksanaan Pembelajaran ABK di Sekolah Inklusif Selama Masa Pandemi Covid-19, meliputi 1) Strategi Modifikasi Kurikulum yang meliputi adaptasi kurikulum yang disesuaikan dengan kondisi perkembangan dan jenis kesulitan ABK serta menyediakan layanan khusus ABK; 2) Strategi Modifikasi Pembelajaran yang meliputi penerapan model pembelajaran Blended Learning yang dikolaborasikan dengan melakukan home visit secara individual, serta melakukan  door–to-door dengan kelompok belajar siswa. Hasil temuan ini dapat menjadi alternatif solusi dalam menerapkan Strategi Pelaksanaan Pembelajaran ABK di Sekolah Inklusif khususnya pada tingkat Sekolah Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...