Kedisiplinan perlu ditanamkan pada diri siswa sejak dini untuk membangun sikap yang tanggung jawab, memiliki pengendalian diri, disiplin dalam belajar dan menjadi siswa yang taat terhadap aturan yang berlaku. Untuk menerapkan perilaku disiplin pada siswa diperlukan sebuah pendekatan, pembinaan, hingga Teknik disiplin kelas agar siswa memiliki kesadaran sendiri terhadap sebuah kedisiplinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan disiplin kelas yang dilakukan di SDN 1 Cijulang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif. yakni penyajian data yang diuraikan menggunakan kata kata. Berdasarkan hasil wawancara yang sudah dilakukan pada salah satu guru di SDN 1 Cijulang, peneliti menemukan bahwa kedisiplinan perlu ditanamkan pada diri siswa dengan melakukan pendekatan secara emosional yang dinilai lebih efektif karena menumbuhkan kesadaran diri pada siswa terhadap disiplin kelas serta membangun hubungan yang baik antara siswa dengan guru.
Copyrights © 2023