RJOCS (Riau Journal of Computer Science)
Vol. 9 No. 2 (2023): Riau Journal of Computer Science

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING UNTUK MENENTUKAN PENERIMA ZAKAT FITRAH (Studi Kasus Di Yayasan Abdul Khalik Fajduani Deli Serdang)

Rizky Rahmansyah (Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang)
Yuhandri (Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang)
Gunadi Widi Nurcahyo (Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu untuk membantu saudara-saudara muslim yang kurang mampu. Namun, dalam proses penentuan penerima zakat fitrah, seringkali terdapat kesulitan karena banyaknya calon penerima yang memenuhi kriteria. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu dalam proses penentuan penerima zakat fitrah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pendukung keputusan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan penerima zakat fitrah di Yayasan Abdul Khalik Fajduani Deli Serdang. Metode SAW dipilih karena dapat mengolah beberapa kriteria yang berbeda dan memberikan bobot untuk setiap kriteria. Metode ini juga relatif mudah diimplementasikan dan dapat menghasilkan hasil yang cukup akurat. Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode SAW dapat membantu meningkatkan dalam proses penentuan penerima zakat fitrah di yayasan tersebut. Selain itu, hasil perhitungan menggunakan metode SAW menunjukkan bahwa jamaah yang bernama Atmaja Putra mendapatkan nilai yang mendekati kriteria dengan nilai 0.775 dan mendapatkan peringkat terbaik 1. Hal ini menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode SAW dapat membantu dalam penentuan penerima zakat fitrah dengan lebih efektif dan efisien. Kata kunci: Zakat Fitrah, Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Penentuan Penerima Zakat Fitrah, Yayasan Abdul Khalik Fajduani Deli Serdang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rjocs

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Riau Journal of Computer Science diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan artikel ilmiah dari peneliti, pemakalah, inovasi, prosiding seminar dan konsep ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu komputer, informatika, sistem informasi atau yang relevan, kemudian mempublikasikan artikel tersebut. Riau ...