RJOCS (Riau Journal of Computer Science)
Vol. 9 No. 2 (2023): Riau Journal of Computer Science

Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Untuk Pemilihan Supplier Alat Praktikum Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Berbasis Web (Studi Kasus Di SMK TERPADU UJUNGBATU)

Fitra Yuda Yuda (Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang)
Sumijan (Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang)
Yuhandri (Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Mengambil keputusan secara subyektif dapat menimbulkan kesalahan dalam pemilihan supplier. Pada pemilihan supplier, alat praktik pada jurusan Teknik Kenderaan Ringan otomotif SMK Terpadu Ujungbatu sering kali mengalami kesulitan dalam penentuan pemilihan supplier yang akan diberikan order karena banyaknya supplier dan kriteria yang digunakan dalam penilaian. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan supplier sehingga Teknik Kenderaan Ringan otomotif SMK Terpadu Ujungbatu dapat menetukan supplier yang sesuai dalam pembelian alat bahan komponen. Sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dimana metode ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada, karena banyaknya alternatif dan kriteria yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan supplier seperti harga, ketersediaan barang, respon, dan jumlah ketersediaan. Data yang digunakan adalah penilaian pemilihan pada jurusan Teknik Kenderaan Ringan otomotif SMK Terpadu Ujungbatu Pengujian sistem dilakukan berdasarkan data yang ada di jurusan Teknik Kenderaan Ringan Otomotif SMK Terpadu Ujungbatu. Yaitu dengan membandingkan hasil perhitungan Microsoft Excel dengan hasil perhitungan sistem yang telah dibuat. Hasil dari implementasi sistem pendukung keputusan pemilihan supplier dengan metode SAW (Simple Additive Weighting) yang dibuat dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan berdasarkan nilai supplier secara optimal. Sehingga, dapat digunakan untuk memilih supplier terbaik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rjocs

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Riau Journal of Computer Science diterbitkan dengan maksud untuk mengumpulkan artikel ilmiah dari peneliti, pemakalah, inovasi, prosiding seminar dan konsep ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu komputer, informatika, sistem informasi atau yang relevan, kemudian mempublikasikan artikel tersebut. Riau ...