Belajar adalah proses internal yang diukur dengan perilaku, adanya perbedaan kognitif, afektif, dan psikomotor di antara siswa mempengaruhi keputusan belajar mereka, yang terwujud dalam perbedaan gaya belajar yang dikenal dengan masalah modalitas media pembelajaran. Dalam menentukan media belajar mahasiswa tersebut tidak akurat dan sulit, hal ini dialami oleh Teknik Informatika UIR. Untuk itu penulis memberikan solusi dalam penyelesaian masalah tersebut melalui sebuah sistem pendukung keputusan, Tujuan dari sistem pendukung keputusan itu sendiri adalah untuk membantu pengambil keputusan dalam memilih berbagai alternatif keputusan yang mengolah informasi yang diterima atau menghasilkan informasi, pemodelan dan manipulasi data. Pada sistem pendukung keputusan ini penulis menerapkan sebuah metode yaitu metode Profile Matching, tujuan penulis menggunakan metode Profile Matching karena metode tersebut merupakan proses membandingkan antara kompetensi individu mahasiswa dengan kompetensi modalitas belajarnya sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (gap), memberikan rekomendasi media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan belajar mahasiswa yang berarti dapat memecahkan masalah dan dapat menjadi acuan bagi pengembangan media pembelajaran yang lebih efektif dan efisien dalam perbaikan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi Teknik Informatika Universitas Islam Riau. Kata kunci: Mahasiswa, Media Pembelajaran, Sistem Pendukung Keputusan, Profile Matching, Universitas Islam Riau
Copyrights © 2023