Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 5 (2023): in Progress

STEM : Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal Tri Ramana terhadap Capaian Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini

Ni Wayan Rasmini (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Institut Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2023

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini mengalami krisis pembelajaran dan capaian hasil belajar yang belum mampu menghasilkan kompetensi hasil belajar berupa pengetahuan sikap dan keterampilan, serta profil pelajar Pancasila. Penelitian dilaksanakan dengan desain preexperimental one shot case study yang dilaksanakan dengan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis agama pramana, anumana pramana, dan praktyasa. Berdasarkan jenjang pelaksanaan pembelajaran, terdapat perbedaan angka rata-rata capaian profil pelajar Pancasila antara pembelajaran sangat baik, baik, dan cukup baik. Kemudian,  terdapat pengaruh psoitif dan signifikan pelaksanaan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis kearifan lokal tri pramana (anumana pramana) terhadap profil pelajar Pancasila anak usia dini. Terakhir, terdapat pengaruh psoitif dan signifikan pelaksanaan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis kearifan lokal tri pramana (praktyasa pramana) terhadap profil pelajar Pancasila anak usia dini. Dari hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada setiap institusi Pendidikan Anak Usia Dini untuk memiliki kurikulum tersendiri, menerapkan pembelajaran saintifik menggunakan STEM berbasis tri pramana dalam mencapai profil pelajar Pancasila yang optimal.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...