Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Vol 3, No 2 (2022): Edisi Desember

PELAYANAN TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ( AUTIS) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI 1 KENDARI (Studi Lapangan di SLB Negeri 1 Kendari)

Sitti Patimah (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo)
Jamaluddin Hos (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo)
Sarmadan Sarmadan (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus (Autis) dan untuk mengetahui hambatan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus (Autis) di SLB Negeri 1 Kendari. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu kepala sekolah, guru wali kelas anak autis dan guru kelas serta dua orang tua siswa. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus (Autis) di SLB Negeri 1 Kendari meliputi pelayanan bina perilaku, pelayanan interaksi dan pelayanan komunikasi. Pelayanan bina perilaku dalam hal ini agar anak autis dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya seperti mengurus diri sendiri, menggunakan toilet sendiri dan lai-lain. Pelayanan Interaksi dalam hal ini mereka lebih di ajarkan untuk mengenal dan mengidentifikasi hal-hal inti dengan menggunakan media pembelajaran seperti kartu kata dan kartu gambar. Sedangkan pelayanan komunikasi dalam hal ini dilakukan dengan persiapan seperti melakukan assesmen untuk mengetahui kemampuan komunikasi anak tersebut. Adapun hambatan pelayanannya yaitu kurangnya jumlah tenaga guru, kurangnya sarana dan prasarana serta faktor keluarga/orang tua.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WELVAART

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Terbit 2 kali setahun. Diterbitkan oleh Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Univertsitas Halu Oleo. Publikasi ilmiah ini diperuntukkan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan ...