Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Vol 3, No 2 (2022): Edisi Desember

KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF DAN KEPUASAN KERJA WANITA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN KELUARGA (Studi Pada Wanita Buruh Pembuat Batu Bata Di Kelurahan Kolasa Kecamatan Parigi Kabupaten Muna)

La Boy (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo)
Jamaluddin Hos (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo)
Amin Tunda (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesejahteraan subjektif wanita pembuat batu bata dalam pemenuhan kebutuhan keluarga di Kelurahan Kolasa Kecamatan Parigi Kabupaten Muna dan untuk mengetahui kepuasan kerja wanita pembuat batu bata dalam pemenuhan kebutuhan keluarga di Kelurahan Kolasa Kecamatan Parigi Kabupaten Muna. pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Analisis terhadap data dan informan yang telah diperoleh dilakukan secara kualitatif analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sampai datanya sudah jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesejahteraan Subjektif Dan Kepuasan Kerja Wanita pembuat batu bata bahwa dalam pencapaian kesejateraan dalam pekerjaan yakni dengan adanya faktor-faktor yang mendukung antara lain (1) dengan adanya kesejahteraan yang subjektif itu diperlikan adanya kontrol diri guna mampu berperilaku yang lebih ekonomis sehingga dalam mampu menguasai emosi dapat meningkatkan kualiutas kerja dalam menjalankan pekerjaan sehingga mampu meningkatkan produktifitas. 2) Optimis mampu meberikan rasa percaya diri dan meningkatkan kerja sama yang baik dan mendorong rasa semangat dalam bekerja sehingga esensinya mampu memberikan kesejahteraan yang sebjektif terhadap keluarga pekjerja batu bata. 3) realisasi dalam pemenuhan kebutuhan dapat terpenuhi dalam pendapatan nilai ekonomi yang mampu meningkatkan taraf hidup para pekerja batu bata, sehingga memberikan dampak yang sangat signifikan dalam taraf hidup yang lebih baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WELVAART

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Terbit 2 kali setahun. Diterbitkan oleh Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Univertsitas Halu Oleo. Publikasi ilmiah ini diperuntukkan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan ...