Welvaart : Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Vol 3, No 2 (2022): Edisi Desember

PEMBERDAYAAN PETANI DESA MEKAR JAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Masyarakat Transmigrasi Desa Mekar Jaya Kecamatan Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat)

Roni Roni (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo)
Damsid Damsid (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo)
Aryuni Salpiana Jabar (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya program pemberdayaan petani Desa Mekar Jaya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan mengetahui kondisi keberdayaan petani Desa Mekar Jaya Kecamatan Tiworo Tengah Kabupaten Muna Barat. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya program pemberdayaan petani desa mekar jaya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga ada enam yaitu: program pendidikan dan pelatihan, program penyuluhan dan pendampingan, program pengembangan sistem dan sarana pemasaran hasil-hasil pertanian, kemudahan akses ilmu pengetahuan, program teknologi dan informasi, program penguatan kelembagaan petani. Adapun kondisi keberdayaan petani desa mekar jaya kecamatan tiworo tengah kabupaten muna barat ada empat yaitu: kesadaran dan keinginan untuk berubah (power to), kemampuan meningkatkan kapasitas untuk memperoleh akses (power within), menghadapi hambatan (power over), kemampuan kerjasama dan solidaritas (power with).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

WELVAART

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

Welvaart: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial Terbit 2 kali setahun. Diterbitkan oleh Jurusan Kesejahteraan Sosial Fisip Univertsitas Halu Oleo. Publikasi ilmiah ini diperuntukkan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen khususnya yang terkait dengan bidang kesejahteraan ...