J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2023): J-PiMat

Analisis Kemampuan Computational Thinking Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

ainul mardiah (Universitas PGRI Sumatera Barat, Fakultas Sains Dan Teknologi)
Ramadoni Ramadoni (Universitas PGRI Sumatera Barat, Fakultas Sains Dan Teknologi)
Dewi Yuliana Fitri (Universitas PGRI Sumatera Barat, Fakultas Sains Dan Teknologi)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini menganalisis kemampuan computational thinking siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan computational thinking siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.F.1 SMAN 2 Batang Anai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan computational thinking dan wawancara. Hasil tes dianalisis berdasarkan indikator kemampuan computational thinking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking siswa tergolong kategori rendah yaitu 16 siswa dengan persentase 61,54%. Dimana dari 4 indikator kemampuan computational thinking, siswa hanya mampu menguasai 3 indikator yang meliputi dekomposisi masalah, pengenalan pola, dan berpikir algoritma. Kata Kunci: Kemampuan Computational Thinking, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...