Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal
Vol. 3 No. 1 (2023): Oktober

Pengaruh Model Pembelajaran Remap-NHT terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Sistem Ekskresi

Fatkhiyyah (Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan)
Nur Lina Safitri (Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pasuruan)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran Remap-NHT terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (kuasi eksperimen) menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest non ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Pasuruan dan sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 4 sebagai kelas kontrol, dengan teknik nonrandom (nonprobability) dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar keterlaksanaan model pembelajaran, tes hasil belajar dan kuesioner (angket). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0.44 dan 0.30. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki tingkat penguasaan konsep lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Reading Concept Mapping Numbered Heads Together (Remap-NHT) terhadap peningkatkan hasil kognitif siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pasuruan pada materi Sistem Ekskresi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alkawnu

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics Other

Description

Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal is Open Access and Peer Reviewed journal that published by Tadris Biologi, Tadris Fisika and Tadris Kimia Department, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. This journal include research articles about science learning consists development and ...