Journal of Nutrition College
Vol 12, No 3 (2023): Juli

PROFIL ASAM AMINO MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) PROTEIN HIDROLISAT IKAN KUNIRAN

Nuryanto Nuryanto (Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Astrid Rossalia Putri (Research Center for Marine and Inland Bioproducts, Research Organization (RO) of Earth and Maritime, National Research and Innovation Agency (BRIN))
Ekowati Chasanah (Research Center for Marine and Inland Bioproducts, Research Organization (RO) of Earth and Maritime, National Research and Innovation Agency (BRIN))
Muhammad Sulchan (Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Diana Nur Afifah (Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)
Pujoyuwono Martosuyono (Kementrian Kelautan Republik Indonesia)
Nazulatul Asmak (Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

ABSTRAKLatar belakang: Ikan kuniran merupakan sumber protein yang tinggi yang dapat digunakan sebagai bahan makanan pendamping ASI (MP-ASI). Agar nilai cerna protein tinggi maka dapat dilakukan hidrolisat protein.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kandungan asam amino pada MP-ASI protein hidrolisat ikan kuniran.Metode: Penelitian eksperimen dengan design rancangan acak lengkap (RAL) dua kali ulangan. Sampel penelitian ini adalah produk MP-ASI Protein hidrolisat ikan kuniran yang di bagi menjadi tiga formula MP-ASI yaitu formulasi 1 (F1), formulasi 2 (F2) dan Fromulasi 3 (F3) dengan komposisi bahan baku protein hidrolisat ikan (PHIK), susu skim beras merah dan kacang hijau yang berbeda setiap formulasi. Variabel bebas penelitian ini adalah formulasi F1, F2 dan F3, sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah kandungan asam amino. Analisis asam amino menggunakan metode AOAC 2005, dengan HPLC. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan di sajikan dalam bentuk grafikHasil: Formula MP-ASI PHIK mengandung 15 asam amino yang terdiri dari 9 asam amino esensial yaitu histidin, arginin, treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin dan 6 asam amino non esensial yaitu asam glutamat, asam aspartat, serin, glisin, alanin, dan tirosin. Kandungan asam amino esensial yang tinggi adalah leusin dan lisin sedangkan asam amino non esensial tertinggi yaitu asam glutamat yang terdapat pada F2.Simpulan: Kandungan asam amino yang tertinggi adalah leusin, lisin dan asam glutamat yang terdapat pada MP-ASI F2. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jnc

Publisher

Subject

Environmental Science Health Professions Medicine & Pharmacology

Description

Journal of Nutrition College (P-ISSN : 2337-6236; E-ISSN : 2622-884X) diterbitkan oleh Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro sebagai media publikasi artikel-artikel ilmiah dalam biang Ilmu Gizi dengan skala terbit 4 kali dalam setahun, yaitu pada Januari, April, Juli, dan ...