Konservasi Hayati
Vol 19 No 2 (2023): OKTOBER

Isolasi Fungi Endofitik Pada Organ Kulit Batang Tanaman Gambir (Uncaria guianensis (Hunter) Roxb)

Khoirun Nisa (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Rosa Lia (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Oktariyani Putri (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Eken Vegita Bella (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Tini Karisma (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Ummi Hiras Habisukan (Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Tanaman gambir (Uncaria guianensis) merupakan perdu dari famili Rubiaceae. Gambir memiliki batang keras yang membelit, daunnya bertangkai pendek dan berwarna hijau muda, bunga putih berbentuk kecil dengan tongkol bulat. Tanaman ini tumbuh baik di hutan kawasan tropis dan tempat-tempat lainnya yang bertanah agak miring pada ketinggian 200-900 meter di atas permukaan laut dengan intensitas cahaya matahari serta curah hujan yang cukup setiap tahun. gambir memiliki banyak sekali manfaatnya. Hal ini menyebabkan banyak dilakukan penelitian terkait dengan gambir salah satunya isolasi fungi endofit. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi jenis fungi endofit yang terdapat pada kulit batang tanaman gambir dan mengidentifikasi jenis jamur endofit berdasarkan ciri markroskopis dan mikroskopisnya. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel tanaman Gambir (Uncaria guianensis) yang diambil dari Dusun V Desa Tambang Rambang, Kec. Rambang Kuang, Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Sampel tanaman yang diambil berupa kulit batang dari satu individu tanaman yang sehat. Kulit batang diambil dari batang utama dan cabang, dikelupas tidak sampai satu lingkaran penuh. Hasil Penelitian ini berhasil mendapatkan 5 isolat fungi endofit kulit batang dari tanaman gambir (Uncaria guianensis) yang termasuk kedalam 5 genus yang berbeda, antara lain Trichoderma, Basidiomycetous, Blastomyces, Fusarium, Alternaria Nees: Fr.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hayati

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology

Description

Konservasi Hayati Journal is a Journal majoring in Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Bengkulu University. KonservasI Hayati Journal publish as much as 2 times in one year ie January-June and July-December edition. In 2020, KH began to publish 6 articles in one volume a year in ...