Jurnal Cakrawala Ilmiah
Vol. 3 No. 2: Oktober 2023

PENGARUH PROSES SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Wenny Widyastuty Wenny Widyastuty (Universitas Negeri Malang)
Sumarmi Sumarmi (Program Studi S2 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang)
Didik Taryana (Program Studi S2 Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Creative thinking Siswa diperlukan untuk menyelesaikan tugas pembelajaran dan menulis karya tulis ilmiah khsusnya untuk pembelajaran geografi. Tujuan riset ini yaitu agar mengetahui pengaruh Proses Sains terhadap Kemampuan Creative Thinking dari siswa. Riset dilakukan di MAN 1 Kota Malang menggunakan metode quasi experimen. Subjek yang digunakan yaitu siswa XI IPS 1 dan XI IPS 2 untuk angkatan 2019/ 2020 sebanyak 76 siswa di kedua kelas yang sama. Cara pengumpulan data yaitu soal pilihan ganda creative thinking dengan menganalisis data menggunakan uji Faktorial Anova. Hasil penelitian dipeeroleh nilai Signifikan (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05 berpengaruh signifikan Proses Sains terhadap Kemampuan Creative thinking siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Digitalisasi eknomi menembus batas wilayah negara dan kedaulatan ekonomi yang dapat saja menjadi peluang atau ancaman. Digitalisasi tidak bisa dihindari, tetap permsalahan utamanya adalah bagaimana negara ini harus dapat merumuskan kebijakan agar masyarakat kita jangan hanya menjadi sapi perahan ...