Jutsi: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi
Vol 3, No 3 (2023): OCTOBER 2023

KONSEP E-CRM UNTUK MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN SERTA MINAT BELI PELANGGAN TOKO CICI BUSANA

Raja Fazlun Dinara (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
William Ramdhan (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)
Wan Mariatul Kifti (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Royal)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Abstract : Technological developments in the current digital era are very rapid, which influences the widespread use of technology, especially in the business sector. To maintain profits and business continuity in increasingly fierce competition, business people need to adopt the right strategy. Toko Cici Busana, a clothing sales shop in Asahan Regency. The shop experienced problems in marketing and managing sales data which was still manual, resulting in unstable sales increases and decreases. Therefore, the author believes that the application of the Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) concept can be the right solution for and to increase sales turnover and customer buying interest at the Cici Busana Store. Features such as product promotions, discounts, free shipping, customer reviews, and live chat with admin will be provided on the Toko Cici Busana website. Through this research, the author hopes that E-CRM can overcome existing problems and have a positive impact in increasing sales turnover and customer buying interest in the store.Keywords : E-CRM; Sales Turnover; Customers; Fashion Abstrak : Perkembangan teknologi di era digital saat ini sangat pesat, yang mempengaruhi penggunaan teknologi secara luas, terutama dalam bidang bisnis. Untuk mempertahankan keuntungan dan kelangsungan usaha dalam persaingan yang semakin ketat, pelaku bisnis perlu mengadopsi strategi yang tepat. Toko Cici Busana, sebuah toko penjualan pakaian di Kabupaten Asahan. Toko tersebut mengalami kendala dalam pemasaran dan pengelolaan data penjualan yang masih manual, mengakibatkan kenaikan dan penurunan penjualan yang tidak stabil. Oleh karena itu, penulis berpendapat bahwa penerapan konsep Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dapat  menjadi solusi  yang tepat untuk serta untuk meningkatkan omzet penjualan dan minat beli pelanggan pada Toko Cici Busana. Fitur-fitur seperti promosi produk, diskon, gratis ongkir, ulasan pelanggan, dan live chat dengan admin akan disediakan dalam website Toko Cici Busana. Melalui penelitian ini, penulis berharap E-CRM dapat mengatasi permasalahan yang ada dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan omzet penjualan serta minat beli pelanggan pada toko tersebut. Kata kunci : E-CRM; Omzet Penjualan; Pelanggan; Fashion

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jutsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUTSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi) is a scientific journals that contains research results conducted by collaborating students with lecturers. JUTSI published third a year on February, June, ...