Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 8, No 1 (2023)

PENERAPAN EVALUASI MODEL CIPP PADA PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PAUD AL- FATTAH JAKARTA

Dimiyati Dyas Anindita (Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat.)
Dayat Hidayat (Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat.)
Safuri Musa (Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat.)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan persentase Angka Partisipasi Kasar program Pendidikan Anak Usia Dini di DKI Jakarta 2021 cukup rendah yaitu sekitar 20,53 %. Sehubung hal tersebut, kuantitas dan kualitas pelayanan program Pendidikan Anak Usia Dini perlu ditingkatkan untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program di PAUD Al- Fattah dengan menggunakan pendekatan CIPP, yang meliputi Context, Input, Process, and Product. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian tergolong penelitian evaluatif. Subjek penelitian meliputi pengelola, tutor, dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat digambarkan, sebagai berikut: (a) Context: Program yang dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar anak usia dini. (b) Input:  Pengalaman dan latar belakang pendidikan tutor sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi Standar Nasional Pendidikan sehingga motivasi belajar peserta didik cukup baik yang diperlihatkan dari kehadiran dan keaktifan anak selama proses pembelajaran. Sarana dan prasarana, khususnya alat permainan edukatif memadai. Pembelajaran menggunakan Kurikulum 2013 mengusung nilai islami. Pendanaan penyelenggaraan program berasal dari orang tua peserta didik dan pemerintah. (c) Process: pembelajaran berlangsung dengan kondusif sesuai rencana tutor. Metode belajar yang diterapkan mendorong partisipasi belajar. (d) Product: Ketercapaian tujuan program sesuai dengan pembelajaran anak usia dini berdasarkan kelompok usianya. Hasil yang diperoleh peserta didik yaitu anak memiliki keterampilan belajar untuk mempersiapkan diri memasuki jenjang pendidikan dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...