Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 8, No 1 (2023)

PERAN TUTOR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA MENGGUNAKAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PROGRAM KELAS PRA-SEKOLAH (KePra) DI TBM LENTERA PUSTAKA KECAMATAN TAMANSARI KABUPATEN BOGOR

Een Laena (Program Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat.)
Nia Hoerniasih (Program Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat.)
Ika Rizqi Meilya (Program Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat.)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Taman baca masyarakat sebagai salah satu wadah guna memberikan akses layanan bahan bacaan memiliki peranan dalam meningkatkan indeks membaca di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tutor dalam menumbuhkan minat baca menggunakan buku cerita bergambar serta faktor pendukung dan penghambat peran tutor dalam menumbuhkan minat baca menggunakan buku cerita bergambar pada program kelas Pra-Sekolah (KePra) di TBM Lentera Pustaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pengelola, tutor, dan orang tua. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Peran tutor dalam pelaksanaanya terdiri dari tujuh peranan, pada peran informator menunjukan bahwa tutor memberikan informasi pembelajaran secara lengkap dan sesuai degan kebutuhan warga belajar. Pada peran organisator menunjukan bahwa kondisi belajar, bahan ajar, sumber belajar, sarana dan prasarana, penyusunan materi, telah di organisasikan dengan baik. Pada peran motivator menunjukan bahwa tutor memberikan arahan terkait dengan pentingnya membaca, interaksi dengan sesama teman belajarnya, penerapan literasi adab, serta memberikan asupan semangat. Pada peran fasilitator, menunjukan bahwa tutor mempersiapkan fasilitas-fasilitas untuk menunjang pembelajaran yang berlangsung, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi warga belajar. Pada peran evaluator, menunjukan bahwa tutor melaksanakan penilaian tingkah laku dan sikap warga belajar melalui pendekatan terhadap warga belajar. Pada peran inisiator, menunjukan bahwa tutor membimbing dalam kreativitas warga belajar. Pada peran inovator, menunjukan bahwa tutor melaksanakan peranan inovator mengacu kepada model TBM Edutement. (2) Faktor pendukung dan penghambat peran tutor ditinjau dari aspek internal dan eksternal. Faktor internal yang mendukung adalah minat, kesadaran, perhatian dan motivasi. Faktor penghambat internal adalah motivasi warga belajar yang beragam serta belum konsisten tinggi. Faktor eksternal yang mendukung peran tutor adalah sarana dan prasana, partisipasi, dukungan, dan keterlibatan. Faktor penghambat eksternal adalah partisipasi dari beberapa pihak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...