Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 8, No 1 (2023)

PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Elisabeth Angelia Sucityaswati (Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)
Ayu Rasmini Simanungkalit (Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)
Desta Indah Fitriana (Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)
Bayu Adi Laksono (Jurusan Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Subyek pada penelitian ini yaitu Mahasiswa jurusan Pendidikan Masyarakat tahun 2019 di Universitas Siliwangi dengan sampel sebanyak 35 Mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas dan uji heterokedastisitas, teknik uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi product moment. Hasil pengujian prasyarat menunjukkan bahwa kelompok data berdistribusi normal dan asumsi heteroskedastisitas terpenuhi. Pada hasil pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar, nilai sig. sebesar 0,000 > 0,05 dan kemandirian belajar berkontribusi sebesar 71,2% dalam mempengaruhi hasil belajar Mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya hasil penelitian ini, Mahasiswa diharapkan dapat menjadikannya sebagai referensi pada upaya peningkatan hasil belajarnya dengan bersikap mandiri dalam belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...