Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Subyek pada penelitian ini yaitu Mahasiswa jurusan Pendidikan Masyarakat tahun 2019 di Universitas Siliwangi dengan sampel sebanyak 35 Mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas dan uji heterokedastisitas, teknik uji hipotesis dengan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi product moment. Hasil pengujian prasyarat menunjukkan bahwa kelompok data berdistribusi normal dan asumsi heteroskedastisitas terpenuhi. Pada hasil pengujian hipotesis memperlihatkan bahwa ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar, nilai sig. sebesar 0,000 > 0,05 dan kemandirian belajar berkontribusi sebesar 71,2% dalam mempengaruhi hasil belajar Mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya hasil penelitian ini, Mahasiswa diharapkan dapat menjadikannya sebagai referensi pada upaya peningkatan hasil belajarnya dengan bersikap mandiri dalam belajar.
Copyrights © 2023