Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus)
Vol 8, No 1 (2023)

IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SATUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SEJENIS (SPS) BUNDA KABUPATEN BEKASI

Aisyah Nur Hida (Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Dayat Hidayat (Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Safuri Musa (Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi dalam mengembangkan minat belajar peserta didik di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Bunda Kabupaten Bekasi. (2) Mendeskripsikan pengembangan minat belajar peserta didik pada Satuan PAUD Sejenis (SPS) Bunda Kabupaten Bekasi. (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi metode demonstrasi dalam mengembangkan minat belajar peserta didik di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Bunda Kabupaten Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode demonstrasi di PAUD SPS Bunda  dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pertama adalah persiapan pembelajaran, tahap kdua pelaksanaan pembelajaran dan tahap ketiga adalah evaluasi pembelajaran. Implementasi metode demonstrasi dapat mengembangkan minat belajar peserta didik yang diukur dari empat indikator yaitu perasaan senang, perhatian, ketertarikan dan keterlibatan serta dilihat dari tindakan saat belajar. Implementasi metode demonstrasi di PAUD SPS Bunda sudah baik karena guru telah memperagakan serangkaian tindakan berupa gerakan yang menggambarkan suatu cara kerja sehingga peserta didik antusias sehingga pembelajaran menjadi menarik. Faktor pendukung terdiri dari komunikasi yang efektif, komitmen dan kerjasama dan faktor penghambat terdiri dari latar belakang peserta didik, motivasi dan pola asuh orangtua. Diharapkan kepada tutor lembaga PAUD SPS Bunda dalam implementasi metode demonstrasi ditingkatkan kembali dengan cara yang kreatif dan inovatif agar terciptanya minat belajar peserta didik yang diharapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

E-Plus

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) publishes the research relate to the development of social studies and Overseas Education as a form of intellectual property. This journal is published 2 times a year in February and ...