Jurnal Mebang
Vol. 3 No. 2 (2023)

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kesenian Sakeco di Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat

Disfi Afriandayani (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Hana Permata Heldisari (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)
Antonia Indrawati (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Kurangnya pemahaman tentang pendidikan karakter menyebabkan menurunnya kesopanan dan meningkatnya kejahatan yang dilakukan oleh anak di bawah umur maupun orang dewasa. Pendidikan karakter dapat ditanamkan melalui kesenian tradisional, khususnya kesenian Sakeco yang terdapat di Kabupaten Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Melihat kesenian Sakeco tanpa pesan dan makna menimbulkan permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kesenian Sakeco Kabupaten Sumbawa Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Subyek penelitian ini adalah ketua adat, seniman, pembuat lawas dan perancang busana. Teknik validasi yang digunakan adalah teknik triangulasi. Menganalisis data yang diperoleh mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan dari sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenian Sakeco mengandung nilai-nilai pendidikan karakter pada busana, syair/lawas, penabuh, dan tata rias. Nilai pendidikan karakter tersebut meliputi nilai religius, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, peduli sosial, cinta tanah air, kreatif, dan tanggung jawab.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mebang

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Mebang: Kajian Budaya Musik dan Pendidikan Musik is academic, open access, peer-reviewed journal founded and first published in 2021 by the Department of Ethnomusicology, Faculty of Cultural Studies, Mulawarman University. Issues are published two times a year in April and October. Jurnal ...