Jurnal Darma Agung
Vol 31 No 5 (2023): OKTOBER

SHOWROOMING DAN WEBROOMING: PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Gallang Perdhana Dalimunthe (Universitas Widyatama)
Gina Apryani Nurunnisha (Universitas Widyatama)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Untuk alasan-alasan tertentu, saat ini konsumen menginginkan pilihan berbelanja secara online maupun offline, tentunya dengan proses transaksi yang berjalan lancar dan tanpa hambatan. Metode showrooming dan webrooming marak dilakukan konsumen untuk mendukung pengambilan keputusan dalam bertransaksi. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan apakah showrooming atau webrooming dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dan yang mana di antara keduanya yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kepuasan pelanggan. Data dianalisis dengan menggunakan analisa regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial. Berdasarkan hasil analisis, baik showrooming maupun webrooming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Metode showrooming memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang lebih besar jika dibandingkan dengan webrooming. Faktor risiko yang lebih kecil dinilai memberikan benefit yang lebih besar yang lebih jauh dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnaluda

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Social Sciences

Description

Journal Focus of the Darma Agung Journal is multidisciplinary research to the lecturers, students and related institutions, especially in Indonesia which leads to an increasing in Indonesian Human Development Index. The scope includes collection of the results of research, studies or community ...