Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE 7E DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KECAKAPAN BERPIKIR RASIONAL PESERTA DIDIK

Ummu Kalsum (Unknown)
Nursakinah Annisa Lutfin (Universitas Sulawesi Barat)
Raudatul Adawiah (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran tipe Cycle 7E dalam pembelajaran fisika terhadap kecakapan berpikir rasional peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Campalagian. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan menggunakan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Campalagian. Kelompok kontrol menerima pembelajaran fisika dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelompok eksperimen dengan model pembelajaran Cycle 7E. Data kecakapan berpikir rasional diukur dengan menggunakan instrumen tes yang terdiri dari soal pilihan ganda, data kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kecapakan berpikir rasional peserta didik pada kelas ekpserimen sebesar 77,33 yang berada pada kategori tinggi. Sementara kelas control memperoleh nilai rata-rata sebesar 48,67 yang berada pada kategori rendah. Hasil penelitain tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecakapan berpikir rasional peserta didik sebelum dan setelah diajar menggunakan model learning Cycle 7E pada kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Campalagian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

phy

Publisher

Subject

Astronomy Education Physics Other

Description

PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya diterbitkan oleh Universitas Sulawesi Barat. Terbit setiap 6 bulan (Oktobor dan ...