Journal AK-99
Vol 3 No 2 (2023): Journal AK-99

PENGARUH AUDIT INTERNAL TERHADAP PERAN AUDIT INTERNAL USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (STUDY KASUS MOKO DONUTS ANDI MAKKASAU KOTA PAREPARE)

Sriwahyuningsi M (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Muhammad Hatta (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Muh. Alwi (Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah industri yang mencakup berbagai usaha kecil atau menengah yang dikelola oleh perorangan atau kelompok kecil. UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian karena berkontribusi signifikan dalam menciptakan lapangan kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan menyalurkan sektor lain dari rantai nilai ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh audit internal terhadap peran audit internal UMKM Moko Donat Andi Makkasau Parepare. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square sebagai metode analisis untuk mengetahui pengaruh audit internal terhadap peran audit internal UMKM Moko Donat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa audit internal memiliki dampak positif yang signifikan terhadap peran audit internal UMKM. Variabel audit internalmeiimpeiiroleiih nilai T Statistik seiibeiisar 2,231 deiingan nilai P Valuieii seiibeiisar 0,019 yang beiirarti Auidit Inteiirnal beiirpeiingaruih positif teiirhadap Peran Audit Internal UiMKM. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa audit internal dapat menjalankan perannya untuk mengidentifikasi masalah, mencegah penyalahgunaan, meningkatkan efisiensi dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan. Singkatnya, penelitian ini memberikan gambaran tentang pentingnya peran audit internal dalam menjalankan tugas pada UMKM. Audit internal dapat membantu UMKM menghadapi tantangan, meningkatkan efisiensi, dan memastikan kepatuhan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ak99

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal AK-99 merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare yang mencakup bidang ilmu Akuntansi Manajemen, AKuntansi Sektor Publik, Akuntansi Ekonomi Syariah, Akuntansi Keuangan Daerah, Audit, Perpajakan. Journal AK-99 ...