BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 4 (2023)

Pengembangan E-Raport untuk Meningkatkan Pelayanan Pelaporan Nilai Siswa Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) Kab Minahasa

Pujo Hari Saputro (Universitas Sam Ratulangi, Manado)
Wahyuni Fithratul Zalmi (Universitas Sam Ratulangi, Manado)
Reinhard Komansilan (Universitas Sam Ratulangi, Manado)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2023

Abstract

Berdasarkan kurikulum pembelajaran 2013, penggunaan pelaporan nilai elektronik / e-rapor merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pada pendidikan yang dilaksanakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud). hal tersebut terbukti secara bertahap pada kota-kota besar di Indonesia E-Rapor sudah diharuskan diterapkan pada berbagai jenjang pendidikan. Penerapan E-Rapor diharapkan mampu memberikan transparansi penilaian dan komitmen pengajar dalam memberikan penilaian sesuai dengan kewajibannya. Namun demikian bagi daerah-daerah yang berada diluar kota besar khususnya pulau Jawa, masih banyak kebijakan-kebijakan yang masih sulit diimplementasikan dikarenakan faktor infrastruktur dan juga kendala biaya. Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) merupakan kelompok taman kanak-kanak (TK) yang beranggotan beberapa TK seKabupaten Minahasa. Selama ini anggota KKRA dalam memberikan rapor bagi siswa masih manual dengan mengumpulkan seluruh hasil karya harian siswa dan disatukan dengan penilaian lain yang akan diberikan pada akhir semester, hal ini tentu kurang efektif karena dengan banyaknya proses latihan dan belajar berakibat pada rapor yang diberikan terlalu tebal dan memakan banyak biaya, selain itu dengan sistem pelaporan hasil belajar siswa setiap harinya kepada wali siswa yang diberikan pada akhir semester dirasa kurang efektif dikarenakan wali tidak bisa langsung memberikan bantuan belajar siswa dirumah berdasarkan apa yang dilakukan disekolah setiap harinya. E-rapor selain menjadikan proses pendidikan lebih efektif dan mampu meningkatkan proses pembelajaran, diharapkan juga mampu menjadi inovasi bagi sekolah khususnya taman kanak-kanak yang selama ini masih dianggap menjadi jenjang pendidikan yang kurang perlu untuk diperhatikan. Target luaran yang akan dicapai diantaranya kelompok KKRA mampu memberikan pelayanan berupa pelaporan pertumbuhan anak di sekolah secara rutin setiap harinya serta rapor yang diberikan sudah berupa digital dan lebih mudah dalam pengarsipan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bernas

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...