Jurnal Projemen UNIPA
Vol. 10 No. 4 (2023): Desember : Jurnal Projemen UNIPA

Analisis Perputaran Modal Kerja Dalam Meningkatkan Profitabilitas Pada PT Unilever Indonesia Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Felixia Yuriska (UNIPA)
Andreas Rengga (UNIPA)
Walter Obon (UNIPA)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

PT Unilever Indonesia Tbk bergerak dalam bidang manufaktur, pemasaran dan distribusi barang konsumsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perputaran modal kerja dalam meningkatkan profitabilitas pada PT. Unilever Indonesia. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dan variabel digunakan adalah perputaran modal kerja dan profitabilitas dengan sumber data penelitan yaitu berupa data sekunder. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu studi dokumentasi. yaitu mengumpulkan data dengan cara pengumpulan informasi yang bersumber dari laporan keuangan tahun 2018-2022 pada PT. Unilever Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa perputaran modal kerja PT Unilever Indonesia Tbk dari tahun 2018-2022 mengalami fluktuasi. Kenaikan ini disebabkan oleh naiknya jumlah penjualan/pendapatan perusahaan yang diikuti dengan menurunnya jumlah modal kerja (total aktiva lancar) perusahaan. Profitabilitas khususnya gross profit margin, return on equity mengalami fluktuasi dan net profit margin, return on asset mengalami penurunan. Dari hasil rata-rata rasio yang di peroleh (GPM), (ROA), dan (ROE) PT Unilever Indonesia Tbk dari tahun 2018-2022 berada di atas rata-rata industri, untuk rasio (NPM) yang diperoleh masih berada di bawah rata-rata standar industri namun mendekati hasil rata-rata standar industri. Dari hasil ini menunjukan bahwa perusahaan sudah efektif dalam meningkatkan profitabilitas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Projemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal projemen UNIPA diharapkan dapat meningkatkan kualitas keilmuan dan penyebaran pengetahuan di bidang manajemen khususnya manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia serta manajemen ...