Jurnal Projemen UNIPA
Vol. 10 No. 4 (2023): Desember : Jurnal Projemen UNIPA

Pengaruh Current Ratio dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Assets (Studi Kasus Pada Perusahaan Semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Stefania Vantura Wea (UNIPA)
Cicilia Ayu Wulandari Nuwa (UNIPA)
Kristiana Reinildis Aek (UNIPA)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Assets pada perusahaan sektor semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Tujuan penelitian meliputi gambaran Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Return On Assets pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, serta mengidentifikasi pengaruh Current Ratio terhadap Return On Assets, pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Return On Assets, dan pengaruh simultan Current Ratio dan Debt to Equity Ratio terhadap Return On Assets. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan semen. Metode analisis yang digunakan meliputi analisis regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara Current Ratio, Debt to Equity Ratio, dan Return On Assets. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhad+ap Return On Assets. Debt to Equity Ratio, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return On Assets. Analisis simultan menunjukkan bahwa Current Ratio dan Debt to Equity Ratio secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap Return On Assets.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Projemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal projemen UNIPA diharapkan dapat meningkatkan kualitas keilmuan dan penyebaran pengetahuan di bidang manajemen khususnya manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia serta manajemen ...