Fruitset Sains : Jurnal Pertanian Agroteknologi
Vol. 11 No. 4 (2023): October: Agriculture

PENGARUH KONSENTRASI NUTRISI AB-MIX DAN KONSENTRASI PUPUK NPK MUTIARA 16-16-16 TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN TOMAT CERI (Solanum Lycopersicum Mill) DENGAN BUDIDAYA HIDROPONIK SISTEM SUMBU (WICK SISTEM)

Marfengki Zebua Zebua (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Indonesia)
Rahmaniah Harahap (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Indonesia)
Yelfi Yana Linda Br Jabat (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Pada sistem hidroponik diperlukan sumber nutrisi untuk kelangsungan hidup tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah pupuk NPK Mutiara 16-16-16 dapat menggantikan AB Mix dan  mengetahui bagaimana pengaruh konsentrasi AB Mix dan  pupuk NPK Mutiara 16-16-16 dengan perlakuan  dosis yang berbeda dan dosis perlakuan mana yang terbaik untuk direkomendasikan. Faktor konsentrasi AB Mix (AB) yaitu AB1 1300 ppm, AB2 1600 ppm, AB3 1900 ppm dan Faktor konsentrasi pupuk NPK (N) yaitu N1 1500 ppm, N2 2000 ppm, N3 2500 ppm. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan ulangan sebanyak 3 kali, tiap faktor konsentrasi terdapat 9 unit perlakuan sehingga diperoleh total 18 unit percobaan, dengan mengamati tinggi tanaman, diameter batang, jumlah tangkai (dahan), hari berbunga dan bobot buah segar pertanaman sampel. Hasil penelitian pada AB Mix pada konsentrasi 1600 ppm (AB2) memberikan hasil yg lebih baik pada diameter batang, jumlah tangkai (dahan), hari berbunga, bobot buah segar pertanaman sampel dan berpengaruh tidak nyata pada tinggi tanaman di setiap MSPT. Hasil penelitian NPK Mutiara 16-16-16 pada konsentrasi 1500 ppm (N1) memberikan hasil terbaik pada hari berbunga dan bobot buah segar pertanaman sampel dan berpengaruh tidak nyata pada parameter lainnya di setiap MSPT. Nutrisi AB Mix masih lebih baik dari pada pupuk NPK Mutiara 16-16-16 di setiap parameter.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Fruitset

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Diterbitkan oleh Institute Of Computer Science (IOCS). Terbit dua kali dalam setahun (Juni dan Desember). Terbit perdana pada Desember 2012. Fruitset Sains : Jurnal Pertanian Agroteknologi merupakan jurnal ilmiah yang dapat memuat tulisan ilmiah yang berkaitan dengan penelitian dibidang ...