Abstrak— IT Balanced Scorecard adalah suatu teknik dalam pengkorelasian tujuan perusahaan dengan teknologi informasi supaya dapat memberikan nilai di suatu perusahaan. Pembuatan model IT Balanced Scorecar pada penelitian sebelumnya memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada antar perspektif. Pengukuran IT Balanced Scorecar pada divisi Government Complaint handling dilakukan pada penelitian ini terutama pada bagian Solution, Delivery, dan Assurance PT XYZ. Metode penelitian yang digunakan adalah pengukuran berbasis COBIT 2019 yang berisi metrik alignment goals guna memperoleh data yang sesuai supaya dapat diukur. Pada pengukuran menggunakan empat perspektif: corporate contribution, costumer orientation, operational excellence, dan future orientation digunakan sebagai landasan dalam pengukuran IT Balanced Scorecard. Data yang diperoleh kemudian diolah sehingga menjadi data yang dapat dianalisis dalam hubungan dan kesenjangannya. Hasil yang didapatkan berupa hubungan dan kesenjangan yang terjadi dari keempat perspektif dan unit yang bersangkutan.Kata kunci— IT balanced scorecard, COBIT 2019, metrik alignment goals.
Copyrights © 2023